Selasa, 04 Desember 2012

wawancara tugas ekonomi koperasi (riya handayani_ 2ea12_16211290)



        Senin, 3 Desember 2012 saya melakukan survei ke pedagang baju busana muslim untuk melakukan survei pertama kalinya
Saat saya berkeliling saya bertemu dengan seorang penjual Pakaian Muslim untuk laki – laki yang bersedia saya wawancarai.



Hasil dari wawancara terhadap pedagang yang telah saya wawancarai.

    Nama                                : Adi Saputra
    Daerah Asal                     : Serang_Banten
    Jenis Usaha/ Kegiatan      : Karyawan Toko Busana Muslim
    Alamat                              : Depok

Dari hasil wawancara yang saya dapat, Mas Adi Begitu saya memanggilnya.  Ia telah berdagang sejak tahun 2009. Sebelum dia Memutuskan Berdagang ,dia menceritakan asal mula ia bisa datang dan menetap di daerah DEPOK. Walau dia dilahirkan di serang, tetapi dia sudah lama tinggal di banten untuk menyelesaikan sekolah pelayarannya di Banten dan ia tinggal bersama kedua orangtuanya disana, Setelah lulus Sekolah, dia bekerja di Kapal Pengangkut Ikan sebagai Teknisi Kapal Selama satu tahun. Saat itu dia berkata, bahwa mungkin pekerjaan itu bukanlah apa yang ia harapkan, sehingga memutuskan untuk mencari pekerjaan lain, yaitu Sekarang Menjadi Karyawan Di toko Baju Muslim.

Alasan ia menjadi Karyawan Di toko baju ini adalah karena kenyamanan kerja, karena jam buka toko yang tidak terlalu pagi, yaitu pukul 9-10 pagi dan tutup toko jam 4-5 sore,hal itu lah yang sangat berbeda dengan pekerjaannya yang dulu, selain itu pekerjaan yang dilakukan saat ini juga untuk mencukupi kehidupan agar lebih layak dan dapat lebih baik lagi kedepannya, “karena saya tidak lagi akan membiayai hidup saya sendiri, tetapi saya juga akan membiayai kedua orang tua dan belajar untuk membiayai calon istriku juga” begitu ucapnya.

Dia Sebagai Karyawan toko Baju muslim yang hari harinya bertugas menunggu dan memasarkan pakaian- pakaian yang ada di toko ke pembeli/konsumen. Dia dipercaya untuk menjaga toko dan barang dagangan yang ada. Itu menjadi tanggungjawab yang besar baginya. Dia tidak akan menyia nyiakan hal itu, toko yang ia jaga adalah toko yang telah dibeli oleh bosnya sebanyak 2 toko yang di gabung menjadi satu toko yang dibeli bosnya hampir serupa dengan membeli perumahan mewah dijakarta, Yaitu hampir mengeluarkan dana sebesar 3Milyar rupiah untuk membeli kedua toko tersebut.

Hubungan Mas Adi Dengan Masyarakat disekitar rumahnya baik baik saja Terkadang jika hari libur dia main kerumah temannya yang dulu bekerja bersama dia saat di kapal ikan bersama. Terkadang juga sesekali ia menemui orang tuanya di daerah banten dan pergi ke kampung halaman jika lebaran tiba.

Ada alasan baginya untuk mencoba usaha lain, karena ia ingin seperti kedua orang tuanya yang telah lama berjualan Barang Kebutuhan Sehari-hari(sembako). Karena tidak mungkin ia bergantung hidup terus dengan kedua orang tuanya, jadi ia memutuskan untuk mengumpulkan dana untuk masa depannya kelak. Mungkin dia juga dapat membangun usahanya sendiri tanpa bantuan dari kedua orangtua. Dengan gaji Harian yang ia dapat dan gaji Bulanan Serta Bonus jika penjualan melonjak. Dia rasa cukup untuk mencicil tabungan masa depannya nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar